Stay or Quit Your Job

Tak terasa tahun 2017 sudah memasuki bulan terakhir. 11 bulan berputar sedemikian cepat. Pada umumnya di bulan terakhir, banyak dari kita sudah mulai merencanakan apa yang akan dilakukan untuk tahun kedepan. Bagi para pelaku usaha sudah memikirkan apa strategi perusahaannya untuk menghadapi persaingan; berapa besar perusahaan akan meningkatkan penjualan dan laba bersih nya.

Hal berbeda dengan seorang pekerja yang mulai memikirkan karier yang di-impikan. Salah satu resolusi dari banyak orang pada umumnya, ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, atau ada yang merasa di perusahaan lama sudah tidak memungkinkan bagi dirinya untuk dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi; bahkan ada yang sudah merasa jenuh dengan lingkungan kerja yang sekarang, dan masih banyak pertimbangan lain untuk mempertimbangkan tantangan baru di perusahaan lain.

 

Tidak ada salahnya  sebelum anda memutuskan untuk berhenti bekerja di satu perusahaan dan pindah ke perusahaan lain; sebaiknya anda memikirkan atau menjawab tantangan 4 C terlebih dahulu:

  1. Culture. Apakah perusahaan baru sesuai dengan budaya kerja anda. Bagaimana karakter anda, apakah bisa masuk ke dalam lingkungan perusahaan baru.
  2. Company. Apakah perusahaan yang anda lamar, dalam kondisi atau kinerja yang baik. Ada baiknya anda tanyakan kondisi keuangan, apakah dalam posisi yang cukup sehat. Bagaimana dengan strategi serta visi yang akan dicapai perusahaan di masa yang akan datang, bagaimana anda bisa membantu perusahaan dalam mencapai visi nya ke depan.
  3. Compensation. Bisakah anda mendapatkan fasilitas lebih dari apa yang anda dapatkan sekarang. Pada umumnya orang berpindah kerja ingin mendapatkan sesuatu yang lebih bukan hanya sekedar dari sisi keuangan saja, tapi dari segi posisi atau jabatan.
  4. Career Path. Dan yang terpenting bagaimana perusahaan bisa membantu pengembangan karir anda ke depan. Seandainya anda berambisi menduduki posisi tertentu, ada baiknya mengetahui bagaimana perusahaan mengelola dari segi pengembangan sumber daya manusia nya dan apakah memiliki jenjang karier yang jelas.

Apabila 50% dari konsep 4 C memungkinkan untuk anda dapatkan; bolehlah dipertimbangkan untuk mencari peluang di tempat perusahaan lain. Tapi kalau tidak, sebaiknya anda tetap setia pada perusahaan anda saat ini. Karena masa depan karier anda, yang bisa menentukan hanyalah anda sendiri. Jadi perlu dipikirkan masak-masak sebelum anda bertindak dalam meniti sebuah karier.

 

2 Responses

  1. Lily Wijaya December 1, 2017 / 3:11 pm

    Good artikel Pak.. Membuat kita bertambah wawasan dan dapat menjadi acuan untuk melalukan planning ke depan.

    Ditunggu artikel artikel nya yang lain ya Pak, yang tidak kalah ciamik tentunya dari penulis penulis yang lain.

    Sukses selalu buat Bapak..

  2. spranata December 3, 2017 / 7:14 am

    Siap, Lily. Terima kasih support-nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *