Medali Untuk HUT RI

Setelah sempat tertunda, akhirnya International Olympic Committee (IOC) memutuskan Olimpiade Tokyo 2020 diselenggarakan pada tahun 2021 di tengah situasi pandemik yang masih mencekam.

Sangat disayangkan pertandingan olahraga terakbar setiap empat tahunan ini diselenggarakan tanpa ada suporter ataupun penonton yang biasa secara hiruk pikuk membela negaranya bertanding. Ibarat makan soto Betawi tanpa kuah santan yang terasa hampa tanpa kehadiran penonton di tengah megahnya venue olahraga di Tokyo.

Para atlet dan oficial pun selalu dilanda perasaan cemas akan terjangkit virus walaupun setiap kali harus melakukan standar protokol kesehatan. Selain harus memikirkan pertandingan untuk mencapai terbaik, para atlet pun harus bersiap mundur atau membatalkan pertandingan seandainya tertular atau dirinya dinyatakan postif. Boleh dikatakan olimpiade kali ini harus disiapkan mental berapa kali lipat.

Tradisi Medali

Demikian juga para atlet kebanggaan Indonesia, mereka pun merasa lebih tertekan dalam kondisi yang tidak menentu seperti ini; terlebih lagi kejadian yang dialami atlet bulutangkis Indonesia pada saat kejuaraan All England pada bulan Maret kemarin.

Tapi perjuangan atlet kita tetap harus kita banggakan, tradisi medali tetap bisa dipertahankan dimulai dari medali perunggu di cabang olah raga angkat berat, sampai akhirnya lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di arena bulutangkis; dan itu menandakan Indonesia merebut medali emas.

Terima kasih para atlet yang sudah berjuang mempersembahkan medali untuk Indonesia; bagi yang belum, terima kasih sudah memberikan hasil maksimal; jangan menyerah, tapi jadikan sebagai pecutan untuk bisa berlatih lebih baik lagi karena hanya dalam 3 tahun Olimpiade 2024 akan bergulir di Perancis.

Semoga di masa kedepannya, prestasi olah raga Indonesia bisa lebih maju. Asalkan pembinaan, fasilitas olah raga serta dukungan pemerintah bisa lebih ditingkatkan sehingga para atlet bisa semakin merasa percaya diri untuk fokus mencapai prestasi lebih tinggi.

Selamat atlet Indonesia. Terima kasih atas medali yang sudah kalian torehkan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 76.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *