Mau Kemana PSSI ku?

Indonesia juara piala dunia?

Indonesia masuk ke piala dunia?

Indonesia bisa, Indonesia pasti bisa

 

Kata-kata di atas selalu membuat kita selalu bermimpi. Apakah mungkin olah raga yang paling digemari masyarakat di Indonesia bisa memberikan hasil yang maximal bagi negara tercinta.

Melihat sepak terjang prestasi sepakbola Indonesia tahun ini sebenarnya ada secercah harapan mulai dari Asian Games yang dari segi permainan, Indonesia harus nya bisa masuk minimal 4-8 besar di tingkat Asia; ditambah lagi tim yunior yang bisa menjadi juara tingkat ASEAN bahkan tinggal satu langkah lagi, tim muda Garuda bisa membawa mimpi Indonesia untuk ikut piala dunia tingkat yunior bisa tercapai.

Namun di bulan November, pesta sepakbola negara ASEAN yang dikenal dengan AFF Cup, membuat optimisme dan mimpi menjadi surut kembali. Indonesia tidak mampu lolos dari kualifikasi grup. Padahal kita semua berharap peluang untuk menjadi juara seharusnya terbuka lebar.

 

Campur Aduk

Entah siapa yang salah.  Banyak pihak yang mengatakan organisasi di PSSI harus perlu banyak dirubah, mulai dari ketua umum PSSI, organisasinya serta orang-orang yang berperan aktif di dalam lingkungan PSSI perlu dievaluasi. Memang sangat memalukan seorang pelatih internasional sampai tidak dibayar gajinya, sehingga kontrak nya pun enggan diperpanjang. Padahal melihat performa anak-anak Garuda di bawah kepelatihan, Luis Milla terlihat cukup menjajikan.

Kenapa negara2 ASEAN lain seperti Vietnam, dan sekarang Philippine sudah bisa menunjukkan taring nya? Vietnam bahkan sudah bisa juara AFF, sedangkan Indonesia yang sudah lebih dulu mengenal sepakbola belum pernah mencapai posisi puncak. Philippine pun tidak tanggung-tanggung, mereka mulai rajin melakukan naturalisasi pemain-pemain keturunan untuk diangkat menjadi pemain nasional nya, belum lagi Philippine berani mengontrak pelatih kelas dunia Sven Erickson.

Kita semua pasti sedih, prestasi tim nasional tidak mengarah ke perbaikan. Ada baiknya organisasi olahraga harus dikelola dengan benar, jangan selalu dijadikan alat politik. Negara lain bisa maju olah raga nya karena memang dikelola dengan baik dan profesional tanpa harus ada dicampuri urusan yang bukan untuk mendorong prestasi olahraga.

Pesan singkat saya dan mungkin sama seperti masyarakat pencinta sepakbola tanah air: kita harus berani mengorbankan ego pribadi, evaluasi apa yang perlu dikoreksi lalu lakukan tindakan perbaikan dengan sepenuh hati tanpa ada unsur lainnya. Karena saya percaya Indonesia mempunyai banyak talenta asalkan dikelola dengan benar.

Entah kapan mimpi di atas bisa benar-benar dapat terealisasi, yakni menjadi juara piala dunia, tapi setidaknya tahap demi tahap harus dilalui terlebih dahulu.

Keep Improving to make your dream comes true, PSSI ku

 

8 Responses

  1. DHR January 4, 2019 / 3:15 pm

    Saya setuju dengan pesan singkat Bapak.

    Harus berani merubah dan berubah lebih baik dari pada hanya berdiam n jadi penonton..

    Lanjutkan artikel

    • spranata January 4, 2019 / 3:36 pm

      Ya setuju. Perubahan harus dari diri kita terlebih dahulu

  2. Omyo January 4, 2019 / 10:26 pm

    Ini saran n masukan yg sngat berharga smg ada perubahan yg nyata,sy sbg rakyat indonesia rindu akan juara…

    • Samuel Pranata January 5, 2019 / 1:41 am

      Indonesia bisa.

  3. Anton dianawan January 4, 2019 / 11:21 pm

    Benar sekali apa yg pak samuel pranata sampaikan, dimulai dr diri pssi dahulu. Yaitu kelola managemen secara profesional, focus dan akuntable..sikap kemauan dan bergerak dr saat ini..berubah untuk lebih baik lagi pssi..

    • Samuel Pranata January 5, 2019 / 1:43 am

      Kita doakan ya mas Anton sehingga impian bangsa Indonesia bisa terjadi

      • Anton dianawan January 5, 2019 / 4:27 am

        Aminnn…pak sam..
        Dear pssi..Sepakbola itu bukannya barang instan melainkan berproses dan berjenjang segala usia kelompok umur hingga pencapaiannya timnas yg baik dan bagus mainnya..
        Di usia pssi yg sudah 80 thn lebih,,pssi selalu di sibukkan tiap tahunnya masalah klasik yaitu jadwal liga dan perwasitan..sedangkan liga thailand mau menggunakan VAR..

  4. Mohamad natsir January 8, 2019 / 8:09 am

    Bravo sepak bola indonesia..pak sam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *